Diberdayakan oleh Blogger.
Seal - Gaia Online
RSS
Container Icon

Empat Tanggung Jawab Manusia

Jinsei wa okurimonodeari, jinsei wa yoriyoi ningen ni naru tame no tokken, kikai, sekinin o watashitachi ni ataete kuremasu.

人生は贈り物であり、人生はより良い人間になるための特権、機会、責任を私たちに与えてくれます

Hidup adalah sebuah pemberian, dan hidup memberikan kita keistimewaan, kesempatan, dan tanggungjawab untuk menjadi seseorang yang lebih baik.

Bicara soal tanggungjawab, Almaghfurlah Abah Masruri Abdul Mughni pernah menyampaikan dalam pengajian Tanbihul Ghafilin bahwa; manusia memiliki empat tanggung jawab. Pertama adalah pertanggungjawaban umur. Allah menganugerahkan umur, kita gunakan untuk apa saja? Apa yang telah diperbuat di setiap hembusan napas kita.

Kedua, pertanggungjawaban fisik. Allah swt. mengaruniai raga, dari ujung kepala hingga ujung kaki yang tidak lain memiliki manfaatnya masing-masing. Dari sekian banyak rutinitas, apakah anggota tubuh kita dioperasikan untuk hal-hal yang semestinya dan berfaedah?

Ketiga, pertanggung jawaban ilmu. Setelah belajar ke sana kemari, bagaimana implementasi dari ilmu yang telah kita dapatkan?

Keempat, pertanggung jawaban harta. Dari mana ia berasal dan dibelanjakan untuk apa saja?

Di hari kiamat kelak, manusia pasti dimintai keempat pertanggungjawaban tersebut.
Semoga kita senantiasa diberikan hidayah, rahmat, keridhaan-Nya, serta masuk ke dalam golongan orang-orang yang husnul khatimah. Allahumma amiin.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar