Satuan Acara Perkuliahan(SAP)
Mata Kuliah : Ushul Fikih 3
Kode
:
Bobot SKS :
2 Sks
Program Studi : Fikih dan Ushul Fikih
Semester : IV
Dosen Pengampu : Tohirin Lc, M.Ag
Standar Kompetensi : Dapat
mendeskripsikan secara umum hal-hal yang terkait dengan kajian ushul fikih seputar
dalil yang dispakati
Serta dalil yang diperselisihkan
Deskripsi Mata Kuliah
: Materi
yang dibahas meliputi kajian tentang Al
Quran, Hadits, Ijma;, Qiyas Istihsan, Maslahah Mursalah,
Syadz Dara’i, Urf, Qaul Shahabi,Syar’u Man Qablana, Istishab dan
lain-lain.
No
|
Pertemuan
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
|
Uraian
Materi
|
Indikator
|
Strategi,
metode dan media
|
Pola
Penugasan
|
Penilaian
|
Buku
Sumber
|
1
|
Ke-1
|
Memahami
Dalil
|
Seputar
dalil
|
Pengertian
Dalil, pembagian dalil(Dalil yang disepakati dan diperselisihkan dan dalil
aqli serta naqli) serta urutannya
|
Mahasiswa
mampu mendeskripsikan seputar pembagian dalil beserta urutannya
|
Mengajak
mahasiswa untuk berdialog setelah mahasiswa menyampaikan makalahnya
|
Makalah
|
Lisan
|
|
2
|
Ke-2
|
Memahami
Dalil yang disepakati
|
Al
Quran
|
Pngertian
al Quran, keistimewaannya, hukum-hukum yang ada di dalam al Quran,
Bayan(penjelasan hukum) al Quran dan dalalah al Quran,
|
Mahasiswa
mampu mendeskripsikan hal-hal terkait al Quran
|
Mengajak
mahasiswa untuk berdialog setelah mahasiswa menyampaikan makalahnya
|
Makalah
|
Lisan
|
|
3
|
Ke-3
|
Memahami
Dalil yang disepakati
|
Sunnah
|
Pengertian
sunnah, Kehujjahan sunnah, macam-macam sunnah sunnah dari sisi kualitas dan
kuantitas,
|
Mahasiswa
mampu mendeskripsikan tentang hukuman berbagai kasus
|
Mengajak
mahasiswa untuk berdialog setelah mahasiswa menyampaikan makalahnya
|
Makalah
|
Lisan
|
|
4
|
Ke-4
|
Memahami
Dalil yang disepakati
|
Ijma
|
Pengertian
ijma, kehujjahan ijma, macam-macam ijma, rukun ijma dan apakah mungkin
sekarang dapat terjadi ijma
|
Mahasiswa
mampu mendeskripsikan tentang Pengertian ijma, kehujjahan ijma, macam-macam
ijma, rukun ijma dan apakah mungkin sekarang dapat terjadi ijma
|
Mengajak
mahasiswa untuk berdialog setelah mahasiswa menyampaikan makalahnya
|
Makalah
|
Lisan
|
|
5
|
Ke-5
|
Memahami
Dalil yang disepakati
|
Qiyas
|
Pengertian
Qiyas, kehujjahan qiyas, perbedaan ulama mengenai kehujjahan qiyas rukun
qiyas, dan syarat masing-masing rukun, macam-macam qiyas berikut contohnya
|
Mahasiswa
mampu mendeskripsikan tentang Pengertian Qiyas, kehujjahan qiyas, perbedaan
ulama mengenai kehujjahan qiyas rukun qiyas, dan syarat masing-masing rukun,
macam-macam qiyas berikut contohnya
|
Mengajak
mahasiswa untuk berdialog setelah mahasiswa menyampaikan makalahnya
|
Makalah
|
Lisan
|
|
6
|
Ke-6
|
Memahami
Dalil yang diperselisihkan
|
Istihsan
|
Pengertian
istihsan, Macam-macam istihsan dari sisi sandarannya berikut contohnya
|
Mahasiswa
mampu mendeskripsikan tentang Pengertian istihsan, Macam-macam istihsan dari
sisi sandarannya berikut contohnya
|
Mengajak
mahasiswa untuk berdialog setelah mahasiswa menyampaikan makalahnya
|
Makalah
|
Lisan
|
|
7
|
Ke-7
|
Memahami
Dalil yang diperselisihkan
|
Maslahah
mursalah
|
Pengertian
Maslahah mursalah, maslahah mu’tabarah dan maslahah mulghah, Kehujjahan
maslahah mursalah, syarat-syarat penggunaannya dancontoh ijtihad dengan
maslalah mursalah
|
Mahasiswa
mampu mendeskripsikan tentang Pengertian Maslahah mursalah, maslahah
mu’tabarah dan maslahah mulghah, Kehujjahan maslahah mursalah, syarat-syarat
penggunaannya dancontoh ijtihad dengan maslalah mursalah
|
Mengajak
mahasiswa untuk berdialog setelah mahasiswa menyampaikan makalahnya
|
Makalah
|
Lisan
|
|
8
|
Ke-8
|
Memahami
Dalil yang diperselisihkan
|
Sad
‘al Dzara’i
|
Pengertian
Sad ‘al Dzara’i, macam-macam Sad ‘al
Dzara’i, argument yang menolak dan menerima Sad ‘al Dzara’i
|
Mahasiswa
mampu mendeskripsikan tentang Pengertian Sad ‘al Dzara’i, macam-macam Sad ‘al Dzara’i, argument yang
menolak dan menerima Sad ‘al Dzara’i
|
Mengajak
mahasiswa untuk berdialog setelah mahasiswa menyampaikan makalahnya
|
Makalah
|
Lisan
|
|
9
|
Ke-9
|
Memahami
Dalil yang diperselisihkan
|
Urf
|
Pengertian
Urf, Urf amali dan qauli, urf am dan khash, urf shahih dan fasid, kehujjahan
urf, syarat-syarat urf dapat menjadi sumber hukum
|
Mahasiswa
mampu mendeskripsikan tentang Pengertian Urf, Urf amali dan qauli, urf am dan
khash, urf shahih dan fasid, kehujjahan urf, syarat-syarat urf dapat menjadi
sumber hukum
|
Mengajak
mahasiswa untuk berdialog setelah mahasiswa menyampaikan makalahnya
|
Makalah
|
Lisan
|
|
10
|
Ke-10
|
Memahami
Dalil yang diperselisihkan
|
Qaul
Shahabi
|
Pengertian
sahabat, kehujjahan qaul shahabi, qaul shahabi yang disepakati,qaul shahabi
yang berupa ijtihad,
|
Mahasiswa
mampu mendeskripsikan tentang Pengertian sahabat, kehujjahan qaul shahabi,
qaul shahabi yang disepakati,qaul shahabi yang berupa ijtihad,
|
Mengajak
mahasiswa untuk berdialog setelah mahasiswa menyampaikan makalahnya
|
Makalah
|
Lisan
|
|
11
|
Ke-11
|
Memahami
Dalil yang diperselisihkan
|
Syar’u
man Qablana
|
Pengertian
Syar’u man Qablana, macam-macamnya serta perdebatan di dalamnya
|
Mahasiswa
mampu mendeskripsikan tentang Pengertian Syar’u man Qablana, macam-macamnya
serta perdebatan di dalamnya
|
Mengajak
mahasiswa untuk berdialog setelah mahasiswa menyampaikan makalahnya
|
Makalah
|
Lisan
|
|
12
|
Ke-12
|
Memahami
Dalil yang diperselisihkan
|
Al
Ishtishhab
|
Pengertian,
macam-macamnya, kehujjahan istishhab
|
Mahasiswa
mampu mendeskripsikan tentang Pengertian, macam-macamnya, kehujjahan
istishhab
|
Mengajak
mahasiswa untuk berdialog setelah mahasiswa menyampaikan makalahnya
|
Makalah
|
Lisan
|
|
13
|
Ke-13
|
Memahami
Kaidah-kaidah Ushuliyah(peletakan lafadz di dalam penunjukan artinya)
|
Al
Khash
|
Pengertian
dan macam-macamnya, hukum Khash dan perdebatan ulama di dalamnya
|
Mahasiswa
mampu mendeskripsikan tentang Pengertian dan macam-macamnya, hukum Khash dan
perdebatan ulama di dalamnya
|
Mengajak
mahasiswa untuk berdialog setelah mahasiswa menyampaikan makalahnya
|
Makalah
|
Lisan
|
|
14
|
Ke-14
|
Memahami
Kaidah-kaidah Ushuliyah(peletakan lafadz di dalam penunjukan artinya)
|
Al
Muthlaq wa al Muqayyad
|
Pengertian
mutlaq dan muqayyad, hukum mutlaq, hukum muqayyad, Kapan mutlaq dibawa kepada
muqayyad dan kapan yang tidak
|
Mahasiswa
mampu mendeskripsikan tentang Pengertian
mutlaq dan muqayyad, hukum mutlaq, hukum muqayyad, Kapan mutlaq dibawa kepada
muqayyad dan kapan yang tidak
|
Mengajak
mahasiswa untuk berdialog setelah mahasiswa menyampaikan makalahnya
|
Makalah
|
Lisan
|
1 komentar:
yosh
Posting Komentar