Diberdayakan oleh Blogger.
Seal - Gaia Online
RSS
Container Icon

Menu Pagi Ini, Tumis Blyestday

What? Tumis Blyestday?

Wowow, "Blyestday" adalah blessed yesterday, pemirsa.

Hmm. Kenapa dengan hari kemarin, spesial kah?

Yep. Spesial. Kemarin hari kelahiran Ayung, teman sekamarku di asrama.

Singkat ceritanya gini, karena kemarin si Ayung syukuran, dia beli lauk. Niatnya untuk mencukupi perut kita semua, tapi ternyata kelebihan. Sisa lah itu tempe goreng. Lebih dari lima buah tempe goreng tepung. 

Aku ingat betul kisah Habib Baharun yang tidak membuang-buang makanan. Jadi, kumasak saja tempe-tempe kemarin itu untuk menu sarapan, toh masih bisa dimakan, nggak basi, xixixi.

Berikut bahan-bahannya:
- beberapa potong tempe goreng kemarin
- 1 buah kentang
- kacang panjang
- 2 siung bawang putih
- 5 bawang merah
- 2 buah cabai
- kecap manis
- lada
- garam
- penyedap rasa
- bubuk kunyit
- minyak goreng
- air

Well, kenapa pakai kacang panjang dan kentang? Ya karena adanya itu, kalau ada wortel atau sayuran lain ya pakai yang ada. Judulnya memanfaatkan yang ada. Selama doyan, kenapa nggak.

Pastikan bawang dan kentang yang sudah dikupas dicuci bersih, begitupula dengan cabai dan kacang panjangnya, ya.

Rajang bawang, potong-potong sayuran dan tempenya menurut selera. Kalau aku suka potongan dengan ukuran kecil, menyesuaikan dengan ukuran tubuh. Hehe.


Tuang minyak secukupnya ke dalam alat masak. Karena aku anak asrama yang hanya punya magic comb (itu baru beli loh, dari kemarin minjem mulu, ahh betapa tidak nyamannya meminjam barang milik orang lain, wkwk) ya masak di situ.


Tunggu sebentar hingga minyak agak panas, lalu masukkan rajangan bawang, tutup magic comb

Setelah tercium bau agak harum, masukkan kentang, potongan cabai dan kunyit bubuk (sedikit saja ya, cuma sebagai ramuan tambahan, kok) lalu tuang air secukupnya, tutup magic comb.


Setelah itu, masukkan potongan kacang panjang dan tempe, tambahkan garam, lada, penyedap rasa dan kecap manis, tutup magic com.


A few minutes later, the tumis blyestday is ready to served. Tadda! Alhamdulillah bisa sarapan, deh. Menikmati nasi hangat dan tumis blyestday yang sedap. 

Eh, karena ambil foto di dalam ruangan dan menggunakan flash, hasil gambarnya jadi seperti itu, padahal warna asli menunya ya kecoklatan, kan diberi kecap. Wkwkwk.


Nah, santapan apa yang akan kalian buat hari ini?

Have a blessed inspired day, buddy!

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar