Diberdayakan oleh Blogger.
Seal - Gaia Online
RSS
Container Icon

Pentingnya Interaksi Sosial bagi Kehidupan Manusia


Sebagai makhluk sosial, manusia pasti membutuhkan orang lain dalam hidupnya. Entah itu keluarga, teman, maupun yang lainnya. Dalam sebuah organisasi contohnya, untuk menghidupkan suasana, mengakrabkan anggota baru, terlebih dalam mensukseskan sebuah program kerja, peranan orang lain itu sangat penting agar terjadi kesinambungan antara satu dengan yang lain. Dari contoh di atas dapat diambil pemahaman bahwa, manusia sebagai makhluk sosial dalam hidupnya pastilah memiliki kebutuhan dan kemampuan untuk berinteraksi, yang mana membuat mereka membutuhkan orang lain agar dapat saling melengkapi. Interaksi menjadikan manusia untuk hidup saling berkelompok.

Sebelum beranjak lebih jauh, perlu kita ketahui bahwa syarat dari sebuah interaksi sosial adalah :
  1. Adanya dua orang atau lebih
  2. Adanya tujuan yang sama
  3. Adanya kesamaan konsep
  4. Kontak sosial
  5. Komunikasi

Selain dari kelima syarat di atas, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, antara lain sebuah perkenalan. Semakin kuat pengenalan satu orang dengan yang lain, maka semakin terbuka peluang untuk saling memberikan manfaat. Jika ada sekelompok orang yang sedang berkelompok namun mereka tidak melakukan hubungan timbal balik, berarti di antara mereka tidak ada interaksi sosial. Di stasiun misalnya, ketika melihat banyak sekali gerombolan orang tetapi mereka tidak saling melakukan hubungan timbal balik, berbedanya tujuan maupun konsep, serta sebagian besar dari mereka yang belum saling mengenal menjadi faktor tidak adanya interaksi sosial.

Di tempat-tempat umum seperti; bandara, terminal bus, maupun ruang terbuka lainnya, hubungan timbal balik antara informasi dan komunikasi yang sesuai memang ada, ketika hendak bertanya sesuatu yang urgen kepada petugas maupun orang yang ditemui misalnya, tapi hal tersebut bisa dibilang jarang dilakukan. Mungkin karena malu atau malas berbicara, jadi mereka lebih memilih mencari tahu apa yang dibutuhkan melaui pencarian di internet.


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar